Gebyar Pesona Lumbok Ranau V (liputan)


tari 1

Tarian Lampung modern karya pak Nyoman

Berbagai acara budaya sukses ditampilkan dalam acara Gebyar Pesona Lumbok Ranau V. Gelar tari dan lagu, lomba bakar ikan, lomba buru babi, lomba tarik tambang perahu, dan lain-lain. Juga dimeriahkan oleh komunitas paralayang, fotografi dan sepeda yang datang untuk terbang, meliput dan goes di sekitar danau Ranau. Malam harinya dilanjutkan dengan hiburan rakyat yang menampilan lagu-lagu dan tarian modern kreasi murid-murid SMP dan SMA.

Jika diperhatikan, tarian-tarian yang ditampilkan selama acara gebyar pesona ini adalah tarian-tarian yang ekspresif dan penuh ide, tidak seperti tarian-tarian asli Lampung pada umumnya. Terutama 2 tarian awal setelah pembukaan oleh Bapak Drs H Mukhlis Basri, Bupati Lampung Barat. Tarian-tarian tersebut terlihat lebih ceria dan bersemangat. Ada pro dan kontra tentunya tentang keaslian tariannya itu sendiri. Tetapi saat kita berbicara pariwisata untuk menarik wisatawan, sepertinya hal-hal kreatif seperti ini sangatlah perlu.

Tampaknya Lampung Barat sudah memikirkan hal ini jauh-jauh hari. Terbukti di lapangan banyak fotografer dari daerah luar Lampung bersemangat mengabadikan tarian-tarian yang ditampilkan di panggung utama. Tak ketinggalan beberapa stasiun TV nasional juga datang meliput untuk beberapa program tayangan. Foto dan video terekam, yang meliput pun senang.

Komunitas sepeda Rakata dari Bandar Lampung tampak hilir mudik di sekitar danau. Sedangkan komunitas paralayang dari Lampung, Jakarta dan Bogor tampak melayang di sekitar bebukitan danau Ranau. Dan yang terpenting masyarakat lokal kecamatan Lumbok Ranau dapat merasakan langsung manfaat kegiatan pariwisata di daerahnya.

FOTO:

Pembukaan

Bupati Lampung Barat Drs H Mukhlis Basri membuka Gebyar Pesona Lumbok Ranau V

bakar ikan

Lomba bakar ikan yang diikuti beberapa sekolah dan masyarakat

tari 2

Tarian kreasi Lampung

tari 3

Tari Sekura oleh murid SD. Mengingatkanku pada anak-anak di buku Laskar Pelangi🙂

tarik tambang jukung

Tarik tambang jukung dengan latar belakang gunung Seminung

tari 4

Tari sekura kreasi siswa SMA

menonton

Anak-anak asik menonton tarian yang dibawakan oleh kakak-kakak SMP dan SMA

Suka Banjar

Bergotongroyong untuk memeriahkan lomba menghias kapal.

Rakatacycling

Komunitas sepeda rakata di atas perahu menuju spot downhill.

tari 5

Hiburan untuk masyarakat di malam hari menampilkan tarian Lampung modern.

VIDEO:

(teks dan foto oleh: Yopie Pangkey)

7 thoughts on “Gebyar Pesona Lumbok Ranau V (liputan)

  1. Aiiihhh..cantik sekali Mas Yopie…Tambah kepengen ke danau ranau..Sdh ngomong2 sama suami, mudah2an liburan Desember kesampaian kesana..Penginapan gak sulitkan ya Mas..Nomor kontak yg ada di posting sebelumnya sudah aku catat. Tks ya Mas

  2. Perjalanan 6 jam dari Bandar Lampung bisa melelahkan tapi terbayar dengan pemandangan unik rumah adat dan alamnya bu Evi.
    Tidak susah mencari penginapan di danau Ranau. Ada hotel Lumbok Ranau yang nyaman dan rumah penduduk yang siap menyambut tamu. Fasilitas masih sangat sederhana ala kampung namun keramahannya membuat kita betah🙂
    Jangan lupa cicip nila bakar dan gulai tabohnya🙂

  3. benar ibu evi…danau ranau wilayah lampung barat sudah memiliki hotel yg representatif utk dikunjungi…silahkan hub. CP Pengelolanya di 081369645419 (riady andrianto)

  4. Pingback: # Lampung 1: Danau Ranau, Surga yang Tersembunyi | JURNAL TRANSFORMASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s