Mari Keliling Halaman


Bunga 1

Bunga 1

Beberapa kali bepergian melintasi Sumatera dari ujung yang di Lampung sampai ujung yang di Aceh. Keliling Sumatera bagian Selatan pun pernah kami lakukan dalam waktu 14 hari melintasi 4 propinsi. Keliling Lampung jangan ditanya lagi untuk memotret. Tapi masih kurang afdhol rasanya kalau belum keliling rumah sendiri.

Timbul pertanyaan apa yang mau dipotret. Sudah banyak orang motret bunga, pohon, jendela, dan lain sebagainya. Apa lagi yang mau kita potret dan bisa disenangi oleh kawan-kawan disekitar kita? Iri rasanya bisa melihat orang lain berbekal kamera mahal dan bagus bisa jalan-jalan keliling negara bahkan ke luar negeri, dan membawa oleh-oleh foto-foto yang indah yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Lalu apa lahi yang tersisa untuk kita foto, apalagi obyeknya cuma di sekitar rumah….. Itu pertanyaan yang sering muncul di dalam pikiran kita.

Kita bisa memulai itu semua dengan sedikit latihan mengamati benda yang ada di sekitar kita. Baik ukurannya, apakah dia memantulkan cahaya, menyerap cahaya atau justru tembus cahaya. Apakah memiliki garis, perulangan garis, satu warna, bermacam-macam warna. Apakah bentuknya persegi panjang, segitiga, lingkaran. Apakah benda itu mengalami perubahan seiring waktu. Dan lain sebagainya.

Dari pemangatan tadi kita sebenarnya sudah bisa membayangkan bagaimana hasilnya bila dipotret. Kita sudah membuat komposisi foto di pikiran kita. Sekarang tinggal memikirkan darimana kita harus memotret. Apakah dari depan benda itu, samping, atas atau bahkan bawahnya. Lalu perhatikan juga arah datang sinar matahari. Bayangkan bila suatu benda mendapat sinar matahari dari samping, akan menimbulkan efek apa di foto. Atau apabila cahaya matahari berasal dari belakang obyek dan sebaliknya.

Langkah selanjutnya adalah menyusun komposisi foto. Tidak seperti melukis, dari selembar kanvas kosong menjadi berisi lukisan, saat memotret kita harus membuang apa-apa yang tidak perlu masuk ke dalam frame kita. Saat membidik suatu bunga, sebelum memencet shutter lihat dulu apakah ada benda di latar belakang atau latar depan yang dapat mengganggu obyek utama. Kalau tidak ada yang mengganggu bisa jepret. Kalau ada benda-benda yang mengganggu komposisi kita harus merubah posisi berdiri, mundur atau maju, atau geser ke samping sampai obyek utama dalam foto kita enak terlihat.

Mudah bukan..?!?

Nah, kali ini kita mencoba memotret dedaunan dan bunga di sekeliling rumah yang bersifat tembus cahaya. Sesuatu yang tembus cahaya biasanya bagus dipotret bila sumber cahaya ada di belakang obyek (backlight), bukan berada di belakang kita. Karena daun dan bunganya kecil berarti kamera yang mendekat ke arah obyek. Dan karena ingin mendapatkan backlight, berarti kita terkadang harus menunduk, duduk bahkan berbaring di tanah/lantai.

Hasil-hasil foto keliling halaman rumah:

Daun 1

Daun 1

Bunga 2

Bunga 2

Daun 2

Daun 2

Daun 3

Daun 3

Daun 4

Daun 4

Bunga 3

Bunga 3

Bunga 4

Bunga 4

Karena tidak menggunakan lensa macro, saat post process kami melakukan banyak crop, supaya lebih sedap dipandang. Masalah bagus atau tidak, itu adalah subyektif dari yang melihatnya. Mudah-mudahan bisa menginspirasi teman-teman untuk Keliling Rumah dan tentu saja bisa menghasilkan foto-foto yang lebih bagus dari ini🙂

Bagaimana?

4 thoughts on “Mari Keliling Halaman

  1. Aku butuh latihan lebih banyak lagi untuk mendapatkan foto seperti ini, selain ngarep suatu ketika bisa beli lensa yg lebih bagus tentunya hehehe…

  2. Pingback: Mari Keliling Halaman – Mobile Version (Sony Ericsson ELM J102d) « Keliling Lampung

  3. Pingback: Foto Makro Menggunakan HP « Yopie Pangkey's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s