Eksotisme Pesta Sekura di Liwa


Sudah lama mempunyai keinginan melihat langsung pesta budaya sekura (topeng tradisional) di Liwa. Baru tahun ini akhirnya terlaksana meski pada awalnya tidak ada rencana untuk datang alias mendadak pergi🙂

Berangkat hari Selasa pagi 21  Agustus 2012 (3 syawal 1433) dengan keluarga. Menjelang Liwa, kami sempat melintasi pekon (kampung) Canggu yang ramai dengan pesta budaya Sekura yang sudah diadakan pada hari itu. Masing-masing pekon bisa berlainan hari mengadakannya tergantung kesepakatan warganya. Tapi hari ini sepertinya tidak memotret, kami lewat saja dan langsung mendatangi saudara-saudara yang ada di sekitar Liwa.

Pukul 10 pagi keesokan harinya Rabu 22 Agustus bergegas ke arah pekon Balak, suatu pekon setelah pekon Canggu dari arah Kotabumi. Sudah ramai dengan masyarakat yang berjualan di halaman rumah penduduk. Para pemuda dan orangtua sudah bersiap-siap mengenakan topeng sekura hendak berkeliling kampung dan mengikuti lomba sekura atau silat.

Memang pesta sekura ini boleh dibilang merupakan pentas teater luar ruangan dengan masyarakat kampung sebagai pemeran lakon-lakon sekura sebagai ungkapan kemenangan, kebebasan dan kegembiraan setelah menjalani puasa ramadhan.  Masyarakat dengan rasa kebersamaan dan kekeluargaan menutup muka mereka sedemikian rupa yang sifatnya menghibur serta bertujuan utama bersilaturahim. Acara puncaknya adalah panjat pinang secara berkelompok dengan cara beguai jejama (gotong royong).

Tidak lama melihat dan berkeliling kampung pekon Balak, saya tidak sempat berfoto-foto bareng dengan Sultan Skala Brak Yang Dipertuan ke-23. Perut lapar, makan siang di mie ayam Sarkak di pasar Liwa🙂

Mudah-mudahan tahun depan bisa datang kembali.

—–

Sekura secara teknis dibagi 2 kelompok :
SEKURA BETIK (Helau), penampilannya helau (indah) lucu, bersih dan sifatnya sebagai penghibur, dengan menggunakan kaca mata gelap dan semua kostum dari kain panjang dan biasanya penutup kepala menggunakan selindang miwang (kain khas sebutan masyarakat Lampung Barat), kemudian pinggangnya juga dipenuhi gantungan kain panjang, banyak atau sedikitnya kain panjang yang dipakai oleh seorang atau kelompok orang yang sedang bersekura menunjukkan banyak atau sedikitnya Muli yang jadi pengikutnya (dalam Kebotnya/kelompoknya) karena kain panjang yang dipakai oleh Sekura tersebut dahulunya adalah hasil pinjaman dari muli-muli yang ada dalam Jukku/Kebot adatnya.
Sekura betik lebih mengarah pada menghibur penonton dengan tingkah mereka yang bebas berekspresi, sekura betik tidak berhak mengikuti panjat pinang, hanya sebagai penggembira.

SEKURA KAMAK (kotor), memiliki penampilan kotor, bisa disebut sebagai juga sebagai “Sekura Calak”. Kamak (kotor) adalah ciri sekura ini yaitu memakai topeng dari bahan Kayu atau dari bahan-bahan alami (tumbuh-tumbuhan) dan atau terbuat dari bahan-bahan yang jelek/bekas yang membaluri tubuh mereka yang akan menjadikan penampilannya menjadi lebih unik dan kotor dengan pakaian aneh dan lucu. Sekura Kamak berhak memanjat pinang yang telah ditentukan, untuk bersaing dan bekerjasama dalam berkelompok untuk mencapai puncak dan menjadi pemenang. (Sumber: Endang Guntoro Canggu )

Foto-foto:

Sekura 1

Macam-macam sekura

Sekura 2

Macam-macam sekura

Sekura 3

Macam-macam sekura

Sekura 4

Macam-macam sekura

Sekura 5

Macam-macam sekura

Sekura 6

Macam-macam sekura

Sekura 7

Endang Guntoro Canggu dalam balutan sekura🙂

Sekura 8

Mencoba panjat pinang

Sekura 10

Menonton lomba sekura dari balik pagar Gedong Dalom

Sekura 11

Edwardsyah Pernong, Sultan Skala Brak Yang Dipertuan ke-23, bersama keluarga di tengah warga.

Sekura 12

Jalan menuju Liwa penuh warga yang menyaksikan pesta budaya sekura

(foto: Yopie Pangkey)

6 thoughts on “Eksotisme Pesta Sekura di Liwa

    • Seru banget bu Evi,
      Tahun ini pariwisata Lampung Barat juga mengadakan parade sekura di kota Liwa Minggu besok, 26 Agustus.
      Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih ramai lagi yang datang🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s