Lintas Pagi Pulau Pisang #Lampung


SD

Seorang murid bermain sepeda sebelum lonceng berbunyi di sekolah peninggalan Belanda ini.

Pulau Pisang adalah satu-satunya pulau berpenghuni di pesisir Barat Lampung. Ada 6 desa di sana, 3 di bawah dan 3 lainnya agak naik ke bebukitan di tengahnya. 3 desa yang terletak di bawah hanya 2 yang berada persis di tepi pantai.

Kesederhanaan dan ketenangan kehidupan di pulau yang indah ini begitu menggoda bagi saya untuk diamati dan direkam. Pagi itu (16/11/2012) sendiri sebelum sarapan mengelilingi Labuhan dan Pasar. Meminjam sandal jepit tuan rumah, bercelana pendek dan sengaja menggantungkan kamera di leher agar tak membuat canggung penduduk yang akan saya potret. Terkadang tiba-tiba mengeluarkan kamera dari tas saat berkeliling akan membuat grogi orang yang tidak kenal kita.

Berjalan di jalan setapak, bertegur sapa dengan penduduk yang duduk santai di teras rumah. Ramah, itu kesan yang saya tangkap dari warga pulau Pisang. Bahkan beberapa kali saya menolak dengan halus ajakan bapak-bapak untuk mampir menikmati kopi. Para ibu dan anak-anak pun tak kalah ramah, membuat saya betah untuk berkeliling mencari hal-hal menarik di dua desa ini.

Setelah sarapan, dan ngopi sambil berbincang-bincang dengan tuan rumah (bang Joni), saya melanjutkan menikmati keindahan kehidupan pulau menjelang siang.

Tak ada keharusan memotret semua yang menarik, beberapa hanya saya amati dan beberapa saya jepret dengan kamera. Keindahan kehidupan pagi pulau Pisang masih tersimpan di benak saya sampai hari ini.

perahu

06:30, beberapa warga hendak menyeberang ke pantai Tebakak.

sepeda

sepeda di atas dermaga

loading

Loading barang bawaan penumpang yang hendak ke daratan di Tebakak.

mencari ikan

Berangkat mencari ikan

kakek

Seorang kakek pulau Pisang

kakek 2

Kegiatan rutin jalan pagi untuk mengisi waktu.

murid

Bermain sepeda sebelum kelas dimulai

TK

Murid TK bersepeda ke sekolah yang berjarak 200 meter dari rumahnya.

ikan

Hasil pancing untuk lauk makan siang

Mandi

Bermain dan mandi di pantai jadi hiburan anak-anak pulau

Benang Mas

Benang mas jadi salah satu kerajinan andalan ibu Pon dan putrinya.

12 thoughts on “Lintas Pagi Pulau Pisang #Lampung

  1. waw….penasaran dgn pulau pisang…mski dr kcil rumh gak jauh” dr pulau pisang cma tingGal nyebrang naik prahu saja blum mampu sya menembus k pulau itu..ada kturunan org pulau dr kakek tpi smpai umur sgini blum prnh menyempatkan diri melihat seisi pulau pisang…*malu bngt ya dgn org yg dtng dr jauh” brkunjung k pulau pisang..

  2. Pingback: Harta Tersembunyi di Pesisir Barat #Lampung cc @BandarLampung « Keliling Lampung

  3. Pingback: Harta Tersembunyi di Pesisir Barat #Lampung cc @BandarLampung « Keliling Lampung

  4. Postingan yg kerenz, tadi baru liat liputan ttg pulau Pisangan di Trans 7. Bangga rasanya berasal dari suatu daerah yg seindah itu. (Lampung) sayang ya pemerintahnya ko ga konsentrasi di pariwisatanya. Lampung itu seindah Bali. Pantainya lebih indah malah. Cuma kalo budya emang kalah, karena Bali kan agamanya jd slh satu aspek wisata jg…..tapi cuma di pulau Pisang yg nelayannya jago nangkep blue marvin fish cuma pake perahu sederhana modal pancingan tangan doang. Salut….bule ajah kudu pake kapal selevel pesiar segala itu juga yg nangkep dg peralatan lengkap ramean pula dptnya only one…heheheh. (Di pulau Pisangan 1 perahu 2 org dapet ikannya bisa 5-7 ikan tuh)

    • iya bener kak, pulau Pisang itu keren banget, masih alami. Kita senang kesana karena masih sepi pengunjung, tidak seperti tempat2 wisata lain yang sudah sesak.
      alhamdulillah beberapa media sudah meliputnya, mudah2an bisa maju….

  5. Pingback: Pulau Pisang Di Bulan Agustus 2013 | Keliling Lampung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s