Pulau Pisang – Harta Tersembunyi di Pesisir Barat Lampung


pulau Pisang

View pantai dilihat dari dermaga

Belum banyak yang tau keindahan pulau Pisang di Pesisir Barat Lampung dan kehidupan di dalamnya.  Bertahun-tahun tinggal di Lampung pun saya baru sempat berwisata mendatanginya di tahun 2012 ini. Bisa ditempuh dalam 5 jam dari Bandar Lampung (sekitar 250 km). Bandingkan dengan Kiluan yang hanya 80 km tetapi harus ditempuh dalam 3 jam. Jadi menurut saya akses ke pulau Pisang tidak lah sulit.

Dengan menyewa mobil dari Bandar Lampung menuju pantai Tebakak (setelah Krui) , lalu dengan perahu penumpang reguler yang ada tiap pagi dan siang di Tebakak. Mobil bisa diparkir di dusun terdekat. Aman dan penduduknya ramah!🙂

Menempuh 250an km, Bandar lampung – Kota Agung  – Krui – Tebakak, kita sudah disuguhi banyak keindahan selama di perjalanan. Lihat waktu kalau ingin banyak berhenti😉 Lebih baik datang lain waktu untuk sekedar berhenti dan memotret di perjalanan. Di Tebakak pun banyak terdapat batu-batu besar di pantai yang sangat indah.

Saat menyeberang, mata kita akan terhibur dengan warna biru laut yang menawan, tak perlu banyak edit di photoshop😉 2 hari di pulau Pisang, banyak keindahan yang bisa kita dapat di sana.  Lumayan untuk hiasan di FB dan menginspirasi kawan-kawan lain untuk datang berkunjung.

Berikut foto-foto yang saya ambil akhir pekan lalu (15-16 Nov 2012) di Pulau Pisang.

Yang bisa dilihat di pulau Pisang:

  1. Laut dan pantainya.
  2. Ada 1 spot untuk snorkel, perhatikan waktu pasang surut. Snorkel saat pasang agar tidak merusak terumbu.
  3. Rumah-rumah tua antik yang kosong. Ada yang kayu dan dinding semen.
  4. Sekolah peninggalan Belanda
  5. Mercu Suar peninggalan Belanda
  6. Bekas rumah yang pernah didiami suaminya presiden kita yang ke-5.
  7. Kapal karam
  8. Kegiatan penduduk di pagi hari
  9. Kebun cengkeh
  10. Ombak besar di banyak spot
  11. Pengrajin benang mas dan tapis

Yang bisa dilakukan:

  1. Berenang
  2. Jalan kaki/naik motor/sepeda keliling pulau
  3. Makan ikan segar dengan berbagai cara masak (blue marlin, tongkol, tenggeri,dll)
  4. Makan pandap
  5. Bermalas-malas di rumah panggung/rumah tua
  6. Melihat bintang di malam hari, kalau langit cerah.
  7. Lihat lumba-lumba dengan menyewa perahu di pagi hari

Lihat juga tulisan sebelum:

  1.  2 Hari di Pulau Pisang, Pesisir Barat Lampung
  2.  Lintas Pagi Pulau Pisang #Lampung

36 thoughts on “Pulau Pisang – Harta Tersembunyi di Pesisir Barat Lampung

    • Pandap itu semacam pepes ikan laut khas pesisir barat Lampung & Bengkulu. Bahannya parutan kelapa dan ikan laut spt ikan blue marlin, tuna, hiu. Lalu dibungkus dengan daun talas/keladi.
      Kemarin kita tak sempat makan ini, harus pesan dulu karena agak repot buatnya kata ibu2 di sana🙂

      Ayo bu Evi, ke pulau Pisang. dari Tebakak ke pulau cuma 15 menit. jaraknya tak sampai 2 km dari Tebakak.

      • barusan baru diskusi dengan suami dan memperlihatkan foto2nya Mas Yopie. Doi jadi bingung, desember nanti, mau ke kilauan atau ke p pisang yah..saya sih bilang, dua2nya saja..hehehe..

      • betul, dua2nya aja bu, hehehehe….
        Atau kalau ke pulau Pisang aja, juga bisa lihat lumba2 di pagi hari. harga sewa perahunya juga sama sepertinya dg yg di Kiluan. Nanti saya tanya ke CP di sana.

        Oya, belum tau tanggal pastinya, bakal ada Gebyar Pesona Lumbok Ranau di Desember. Biasanya ada penampilan Sekura.

  1. aku hanya bisa bilang amazing, kalau bisa di cantumkan objek – objek wisata bahari yang ada di pulau pisang, sekali lagi trima kasih atas info dan foto – fotonya yang sangat bagus, dan suatu saat saya pasti ke sana

  2. Pingback: Pulau Pisang Di Bulan Agustus 2013 | Keliling Lampung

  3. pengen banget ke pulau pisang ini, penasaran bgt seindah di foto atau nggak. badget 400rb-500rb teh buat pergi aja ya? sudah termasuk biaya menginap?

  4. bang… homestay di sana kisaran harga per malam ny berapa ya ??
    lalu biaya untuk penyebrangan ny berapa ??
    saya pingin banget kesana nih… januari besok saya pulang ke lampung dan rencana pingin maen kesini…
    mohon info ny🙂

  5. Homestaynya berapa harganya per malam? Dihitung per kamar atau per orang? Biaya penyebrangannya berapa? Dihitung per orang atau per perahu?

  6. Jd malu sy,sy yg asli orang krui aja blm pernah ke sn,blm kesampaian dulu prnh berapa kl rencana mau ke sana,tp sllu gagal lantaran ombak pas lg gede jd smpai skrng deh blm kesampaian…..

  7. Pingback: Percaya Atau Tidak, 4 Spot Cantik Ini Benar Benar Nyata Di Indonesia! | tekOOO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s