Festival Teluk Semaka – Keseruan di Lereng Tanggamus


“Mas, kita ga jadi ke Way Panas. Jalannya becek habis ujan beberapa hari ini.  kita ke gunung Tanggamus aja ya”, begitu kata pak Samba saat kami baru tiba di kediamannya di Kota Agung. Pak Marhasan Samba adalah panitia Festival Teluk Semaka dan juga Kabid Pemasaran dan Destinasi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanggamus (30/09). Daripada tidak nyaman ya lebih baik ke lereng Tanggamus, pikir kami saat itu.

Beda dari tahun-tahun sebelumnya, Festival Teluk Semaka tahun 2014 ini berani mengundang khusus beberapa penggiat media sosial, blog dan fotografi. Meski tidak banyak mengundang, kami beranggapan panitia sudah cukup berani mengundang khusus kami. Dengan harapan dapat membantu menyebarkan info tentang festival tahunan yang diadakan di ibukota kabupaten Tanggamus ini.

Jumat (31/09) pukul 10:30, kami sudah berada di pekon Sidokaton yang berada di lereng gunung Tanggamus. Turun dari bis yang disediakan oleh Dinas Perhubungan kabupaten Tanggamus, disuguhi kehidupan sehari-hari warga. Beberapa kawan langsung keluarkan kamera untuk merekam peristiwa dan hal-hal menarik di sekitar.

Memotret bunga di pekon Sidokaton, Tanggamus

Memotret bunga di pekon Sidokaton, Tanggamus

Tiba saatnya melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Terus terang, dari awal kami tidak tahu kalau kami bakal mendaki lumayan tinggi ke basecamp sonokeling, Basecamp ini adalah tempat para pendaki beristirahat sebelum ke puncak. Tidak ada rasa curiga saat baru berjalan sekitar 15 menit. Saat jalur mulai mendaki baru ada perasaan was-was, apa benar akan sampai ke atas?😀

Memulai penanjakan menuju pos Sonokeling

Memulai penanjakan menuju pos Sonokeling

Berpose sekalian ambil nafas dan istirahat :D

Berpose sekalian ambil nafas dan istirahat😀

Kepik dan bunga yang saya temui menjelang pos Sonokeling

Kepik dan bunga yang saya temui menjelang pos Sonokeling

Gunung Tanggamus

Kebun kol

Jambu dari pohon jambu hutan. Luamayan jadi penambah tenaga :)

Jambu dari pohon jambu hutan. Luamayan jadi penambah tenaga🙂

Nafas terengah-engah, rasa dengkul yang tak karuan, membuat saya hampir menghentikan pendakian. Rasa “jaim” yang membuat saya meneruskan naik ke atas sambil menenteng kamera. Meski berat melangkah, ada banyak hal menarik untuk dipotret saat itu. Tentu saja, hal-hal yang tidak saya jumpai di kota. Ada deretan tanaman tomat, kubis/kol dan tentu saja, kelakuan kawan-kawan seperjalanan yang asik. Sampai di pos Sonokeling, kawan-kawan tidak menyia-nyiakan waktu tetap malakukan eksplorasinya masing-masing. Sesekali terdengar celetukan dan canda tawa menutupi rasa lelah.

Ada yang memotret alam, ada yang motret diri sendiri :)

Ada yang memotret alam, ada yang motret diri sendiri🙂

Gisting dari ketinggian

Mas Elvan, tabah melihat peserta Festival Teluk Semaka ini :D

Mas Elvan, tabah melihat peserta Festival Teluk Semaka ini😀

Yeeyy, kami sampai di sini..!!

Yeeyy, kami sampai di sini..!!

Puas di basecamp sonokeling, kami kembali turun menuju kebun salah seorang warga Sidokaton. Menu yang ditawarkan pun luar biasa nikmatnya bagi kami yang dari kota. Ada sayur asem, ikan goreng, tempe/tahu, kerupuk, lalapan dan tentu sambal yang aduhai rasanya. Sayang, tidak sampai 15 menit kami duduk, tiba-tiba hujan deras datang. Masing-masing menyelamatkan barang bawaannya. Namun ada yang lebih memilih menyelamatkan sayur asam di mangkuknya😀

Makan siang sebelum hujan deras..

Makan siang sebelum hujan deras..

Ya, seringkali traveling bukan melulu masalah destinasi. Cerita-cerita di perjalanan seringkali lebih menarik untuk dikenang. Ada banyak memori di gunung ini. Seperti baru kemarin saya mendakinya. Uhuuuk… duren!!

Mau tau cerita seru kawan-kawan seperjalanan saya di lereng gunung Tanggamus? Buka link di bawah ini ya😉

15 thoughts on “Festival Teluk Semaka – Keseruan di Lereng Tanggamus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s