7 Destinasi Wisata Lampung Tahun 2014 Versi Akun @kelilinglampung


Mengintip sekilas statistik kunjungan dan pencarian, ternyata Pulau Tegal menjadi top page di blog http://www.kelilinglampung.wordpress.com , diikuti oleh: Pulau Pisang, Pulau Pahawang & Kelagian, Batu Layar Pegadungan, Anak Krakatau, Danau Ranau dan Kiluan. Mungkin data ini ga akan diakui oleh dinas pariwisata/pemprov dan pihak-pihak lain di provinsi tercinta ini. Tapi biarkan saja mereka sibuk dengan surat-menyurat/laporan dsb, kita bahas sendiri saja 7 destinasi wisata Lampung tahun 2014 ini🙂

1. PULAU TEGAL, latlng (-5.563041, 105.272864)

Santai di pantai pulau Tegal yang tenang.

Terletak di kabupaten Pesawaran, di dalam teluk Lampung. Tidak jauh dari kota Bandar Lampung, bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari rumah. Banyak kawan yang lebih senang mengendari motor ke pulau ini karena tidak terlalu jauh. Dan bisa pulang sore, magrib sudah sampai di Bandar Lampung lagi.
Rute: Bandar Lampung – Lempasing – Mutun – Hanura – Pantai Sari Ringgung – Pulau Tegal
Parkir mobil dan motor di pantai Ringgung, lalu sewa perahu ke pulau Tegal.
Tidak ada warung di pulau, kita bisa beli bekal sebelum pergi, atau bisa juga di Hanura. Kita biasa beli bekal makan siang di RM Ika (yang di pasar). Coba ayam bakar & sambal tempenya.

Baca juga: Melupakan Kepenatan Kota di Pulau Tegal

2. PULAU PISANG, latlng (-5.117429, 103.851479)

Pulau yang menawan dan selalu membuat rindu bagi yang sudah pernah kemari.

Terletak di dekat kota Krui, kabupaten Pesisir Barat. Menghadap langsung samudera Indonesia. Perlu waktu 6-7 jam dari Bandar Lampung dengan mobil pribadi/sewa atau travel. Lebih nyaman kalau kemari di libur panjang dan menikmati suasana pulau paling tidak selama 2 hari 2 malam.
Rute: Bandar Lampung – Pringsewu – Kota Agung – Wonosobo – Bengkunat – Krui – Pantai Tebakak – Pulau Pisang
Jika membawa mobil pribadi/sewa, bisa parkir di kampung dekat pantai Tebakak.
Di pulau ada 1 wisma sederhana (2 kamar). Kalau kami biasa tinggal di rumah penduduk (bang Joni) yang sudah terbiasa menerima tamu, baik lokal maupun mancanegara.
Coba Kuliner khas pesisir seperti Gulai taboh ikan tuhuk (blue marlin), pandap, serabi khas pesisir.

Baca juga: 2 Hari di Pulau Pisang

3.  Pulau Pahawang (-5.667961, 105.236618) dan Pulau Kelagian (-5.631016, 105.232580)

Banyak ikan badut di sekitar pulau Pahawang & Kelagian.

Terletak di kabupaten Pesawaran di dalam teluk Lampung. Masih tidak terlalu jauh juga dari kota Bandar Lampung. Bisa pergi pagi pulang sore, seperti ke pulau Tegal.
Rute: Bandar Lampung – Lempasing – Mutun – Hanura – Ketapang – Pulau Kelagian & Pahawang.
Bawa bekal makan siang dari Bandar Lampung atau belanja di Hanura. Kecuali kalau menginap di pulau Pahawang, bisa makan dan menginap di rumah penduduk pulau.Batu Layar Pegadungan (-5.756253, 105.058481)

Baca Juga: Nemo Pulau Kelagian

4.  GIGI HIU (BATU LAYAR PEGADUNGAN), latlng (-5.756253, 105.058481)

Batu Layar Pegadungan, rekan-rekan fotografer menyebutnya dengan “Gigi Hiu”, untuk membedakan dengan nama “batu layar” yang banyak di Indonesia.

Hanya dalam waktu 3 tahun, batu layar ini sudah menjadi destinasi bagi penggemar fotografi lanskap nasional. Terletak di kecamatan Kelumbayan kabupaten Tanggamus. butuh 5 jam dengan mobil/motor dari Bandar Lampung, atau 1 jam dengan ojek motor dari Kiluan.
Rute: Bandar Lampung – Lempasing – Mutun – Hanura – Ketapang – Punduh Pidada – Bawang – Kiluan – Batu Suluh – Pegadungan
Menjadi destinasi alternatif bagi yang ke Kiluan dan menjadi destinasi utama bagi fotografer yang senang berpetualang. Jika wisatawan Kiluan hanya menghabiskan 3 jam, fotografer lanskap biasanya sampai 3 hari 2 malam. Menginap di rumah penduduk atau mendirikan tenda di pantai Pegadungan.

Baca juga: Pantai Pegadungan di Bulan September 2013

5.  ANAK KRAKATAU (-6.100989, 105.431924)

Erupsi Anak Krakatau dan nelayan pulau Sebesi

Gunung yang terkenal akan ledakan dahsyatnya di tahun 1883 ini terletak di Selat Sunda, masuk kabupaten Lampung Selatan. Meski statusnya cagar alam, tetapi banyak yang nekat memasukinya. Kalau kami hanya menganjurkan kemari saat Anak Krakatau sedang erupsi. Karena erupsi jenis strombolian gunung ini indah dilihat. Bisa dari pulau-pulau terdekat atau dari kejauhan di pulau Sebesi.
Rute: Bandar Lampung – Kalianda – Dermaga Canti – pulau Sebesi – Anak Krakatau
Biasanya para wisatawan menginap dulu di pulau Sebesi. Lalu berangkat dini hari menuju Anak Krakatau untuk menikmati matahari terbit di Krakatau. Lalu dilanjutkan dengan wisata snorkeling di sekitar Krakatau Tua.

Baca Juga: Erupsi Krakatau – Keindahan Dibalik Ketakutan

6.  DANAU RANAU, latlng  (-4.958679, 103.917614)

Danau Ranau dengan latar belakang gunung Seminung

Danau yang sepertiga bagiannya masuk wilayah Lampung ini terletak di kabupaten Lampung Barat. 7-8 jam dengan mobil pribadi/travel.
Rute: Bandar Lampung – Bandar Jaya – Kotabumi – Bukit Kemuning – Sekincau – Liwa – Danau Ranau.
Wisatawan yang kemari biasanya hendak mencari ketenangan, tidak terpengaruh dengan sinyal HP yang sering hilang timbul. Suasana saat kemarau dan musim hujan memberikan atmosfir berbeda di sini. Coba ikan nila bakar/goreng & tentu gulai taboh🙂

Baca juga: Pagi di Danau Ranau

7.  KILUAN, latlng (-5.781569, 105.093324)

Wisata lumba-lumba

Teluk Kecil di kabupaten Tanggamus ini sudah terkenal saat ini. Setiap akhir pekan bisa 1000an wisatawan datang menginap di teluk Kiluan untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba liar di tengah laut selat Sunda.
Rute: Bandar Lampung – Lempasing – Mutun – Hanura – Ketapang – Punduh Pidada – Bawang – Kiluan
Kenapa melihat lumba-lumba harus dari Kiluan? Karena di teluk ini ada pulau Kelapa, pulau kecil yang cantik dengan pasirnya yang putih dan lembut, serta warna air lautnya yang menggoda kita untuk memotret atau menceburkan diri🙂 Juga ada legun, sebuah genangan air yang jernih di karang tepi laut.

Baca juga: Wisata Lumba-lumba

Demikianlah ulasan singkat 7 destinasi yang paling banyak dicari, dikunjungi dan ditanya di blog ini.
Salam jalan-jalan 2014🙂

26 thoughts on “7 Destinasi Wisata Lampung Tahun 2014 Versi Akun @kelilinglampung

  1. Pingback: 7 Destinasi Wisata Lampung Paling Hits Tahun 2014 | CAWAGEH – Blog Berita Lampung

  2. sumpah, belum pernah kesana semua…

    saya cuman tau pasir putih ama pulau pasir..
    geser dikit ya selaki atau kalianda resort.. hahahaha

  3. dari ke 7 tempat, baru tau ini yg GIGI HIU (BATU LAYAR PEGADUNGAN), Tanggamus.
    udh menjelajah jauh ampe ke Krui, tp baru tw kalo di tanggamus juga baguss.
    asli kayak fotonya itu kan tempatnya ??
    kerenn asli keren, buat prewedd bagus agaknya😀 kapan” dah kesana🙂

  4. Mas share tur guide ke kelumbayan atau panai gigi hiu dong.. saya pengen banget kesana.. kalo berangkat dari bandar lampung bagaimana. Terima kasih..
    Salam Bloger.. 😃

  5. Dua minggu lalu baru ke Sari Ringgung tapi nggak nyebrang hu hu. Tapi dari postingan ini udah jelas deh, Lampung itu buanyak tempat wisata yang kece. Semoga akses ke tempat-tempat tersebut makin mudah dan fasilitas makin baik. Dan sebagai pengunjung juga jangan lupa rawat baik-baik. Jangan merusak atau buang sampah sembarangan di tempat wisata.

    • lain kali coba nyeberang deh ke pulau Tegal🙂
      Aamiin…
      Kita pasti pingin anak cucu masih bisa ngerasain keindahannya ya..

  6. Pingback: 7 Destinasi Wisata Anak Muda Lampung Tahun 2015 | Keliling Lampung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s