Pulau Pasaran: Pulau Karang Yang Tidak Pasaran


Pulau Pasaran (foto: Budhi Marta Utama)

Pulau Pasaran (foto: Budhi Marta Utama)

Bila anda sedang di Kota Bandar Lampung, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke Pulau Pasaran, sebuah pulau karang unik yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Teluk Betung Barat, tepat di tepian Teluk Lampung.

Caranya cukup mudah, buat anda yang ingin berkunjung ke sini ada dua akses menuju lokasi ini.

Cara pertama adalah melalui jembatan beton sepanjang sekitar 500 m yang menghubungkan pesisir kota dengan pulau ini, namun jembatan ini hanya dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua saja.

Dan cara yang kedua dengan menggunakan perahu klotok menyusuri muara sungai sambil menikmati hembusan angin sembari menikmati rimbunnya hutan mangrove, satu-satunya hutan mangrove yang ada ditengah kota.

Pulau Pasaran adalah pulau yang terbentuk oleh timbunan-timbunan batu karang hasil reklamasi mandiri para penghuninya. Pulau yang mulai “tumbuh” pada tahun 1970 ini awalnya hanya seluas 3,5 hektar namun kini kabarnya sudah seluas 12 hektar dan kini sudah dihuni oleh sekitar 240 kepala keluarga.

Aktifitas keseharian warga Pulau Pasaran adalah mengolah hasil laut berupa ikan teri rebus yang rasa dan kualitasnya tidak kalah dengan teri medan yang sudah lebih dulu dikenal orang.

Bila cuaca dan iklim sedang bagus, rata-rata produksi ikan teri Pulau Pasaran mampu mencapai 20 ton perhari, tak heran kalau Pulau Pasaran merupakan sentra bagi industri pengolahan ikan teri di Provinsi Lampung.

Hasil komoditas olahan para pengrajin teri Pulau Pasaran ini banyak masuk ke pasar-pasar di Jakarta dan kota-kota di Pulau Jawa.

Untuk anda yang menggemari seni fotografi, banyak spot di Pulau Pasaran yang menarik untuk didokumentasikan. Mulai dari aktifitas keseharian warganya, jembatan beton, hutan mangrove, dermaga kapal, pemandangan kota Bandar Lampung dari kejauhan, serta pemandangan Teluk Lampung yang sungguh mempesona.

Jadi, buat anda yang belum pernah ke Pulau Pasaran, singgahlah sejenak dan nikmati eksotismenya.

Sumber: http://fotografi.bandarlampungkota.go.id/?p=142

12 thoughts on “Pulau Pasaran: Pulau Karang Yang Tidak Pasaran

  1. Temanku ada yg tinggal disini. Katanya mayoritas penduduk pulau pasaran itu pengasin ikan dan lumayan berada karens hasilnya besar. Tapi anak-anaknya banyak yg bekerja di luar negeri. Aku belum pernah ke sini padahal dekat teluk. Kapan2 deh main ke sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s