7 Destinasi Wisata Anak Muda Lampung Tahun 2015


Air Terjun Putri Malu Banjit (Yopie Pangkey)

Air Terjun Putri Malu Banjit (@yopiefranz)

Tahun lalu Keliling Lampung merilis 7 destinasi wisata Lampung yang hits selama 2014 berdasar beberapa artikel yang paling banyak diklik oleh para pembaca. Menurut pangamatan secara langsung di tempat wisata Lampung tersebut dan di beberapa alur media sosial,destinasi-destinasi yang disebut itu tak banyak yang berubah hingga saat ini.

Supaya tidak bosan, di tahun 2016 ini kami mencoba menghimpun beberapa destinasi wisata Lampung yang banyak dikunjungi oleh anak-anak muda selama tahun 2015 dan ramai di media sosial khususnya Instagram @kelilinglampung_ dan @lampunginsta . Langsung aja deh disimak ya.

Anak Muda Lampung jelajah daerahnya sendiri

Selama tahun 2015, banyak pergeseran kebiasaan yang dilakukan oleh anak-anak muda Lampung saat mengisi liburan akhir pekan. Yang biasanya mereka ke pantai dan ke pulau, maka di tahun 2015 ini mereka mulai banyak menjelajahi air terjun yang ada di Lampung. What…!!! ada banyak air terjun di Lampung?

Jujur aja nih, kita pun tidak begitu tau kalau ternyata Lampung mempunyai banyak air terjun. Paling mentok taunya air terjun tingkat 7 yang ada di youthcamp Hanura, air terjun sepapa kiri dan sepapa kanan di TNBBS, dan air terjun Gangsa di Way Kanan.

Coba saja kita luangkan waktu untuk membuka instagram milik anak-anak muda Lampung. Kita akan terperangah dibuatnya. Dari Air Terjun Lembah Pelangi, Curup Tujuh, Air Terjun Putri Malu, Air Terjun Sinar 2, Air Terjun Kembar Rindu Alam, Air Terjun Way Tutung, dan masih banyak lainnya lagi.

Selain itu, ada pulau Mengkudu dan Batu Lapis di Lampung Selatan. Keduanya sangat hits di tahun 2015. Karena letaknya yang sangat dekat dengan daratan dan terlihat tersambung oleh pasir yang menghubungkan pulau dengan daratan. Mari kita kupas singkat satu-persatu.

1. PULAU MENGKUDU dan BATU LAPIS

Pulau ini terletak di kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Sekitar 25 km dari kota Kalianda melewati Canti. Pulaunya yang kecil, tersambung ke daratan dan warna laut biru mudanya sangat menarik perhatian anak-anak muda Lampung Selatan dan Bandar Lampung untuk mendatanginya. Di dekatnya ada batu lapis yang sering dijadikan spot foto oleh pengunjung.

Rute: Bandar Lampung – Kalianda – Canti – Kampung Kunjir. Dari Kunjir bisa sewa perahu harian, atau kalau dengan motor melewati bukit yang sedang ditambang.

Pantai pulau ini banyak bebatuan, baiknya gunakan sandal/sepatu kalau ingin mengelilingi. Karang bawah lautnya cakep.

pulau mengkudu

2. Menara Suar pulau Maitam

Pulau Maitam terletak sangat dekat dengan Ketapang di Pesawaran. Jika ke pulau Kelagian Besar, maka ke pulau Maitam mengarah ke Kiri dari Ketapang. Jika surut kita bisa berjalan kaki menyeberang ke pulau karena letaknya yang sangat dekat dengan daratan. Jika menyeberang ke pulau Mengkudu kita tidak basah-basahan, ke Maitam kita harus basah-basahan menyeberangi air laut setinggi dengkul/paha orang dewasa.

Di ujung Tenggara pulau Maitam terdapat sebuah menara suar. Banyak pengunjung yang foto-foto di setengah tinggi menara ini. Karena puncak menara dikunci oleh petugasnya.

Rute: Bandar Lampung – Lempasing – Hanura – Ketapang. Dari Ketapang bisa sewa perahu untuk antar jemput.

Pulau Maitam 1 Pulau Maitam 2 Pulau Maitam 3

3. AIR TERJUN LEMBAH PELANGI dan DANAU HIJAU

Terletak di pekon Sukamaju Ulu Belu, Tanggamus. Mulai ramai didatangi oleh anak-anak muda Tanggamus dan juga Bandar Lampung sejak awal 2015. Saat tengah hari dan matahari terik, kita bisa melihat pelangi di sekitar air terjun. Sedangkan Danau Hijau terletak di pinggir jalan ke arah Pertamina Geothermal Energy Ulu Belu. Kalau sudah sampai Sukamaju tinggal tanya warga di mana letak air terjun ini. Sesampai di lokasi parkir motor di area kebun kopi, kita harus berjalan kaki menuruni bukit sekitar 200-300 meter. Rute: Bandar Lampung – Pringsewu – Talang Padang – Pulau Panggung – Pekon Sukamaju, Ulu Belu.

danau hijau dilihat dari ketinggian

danau hijau dilihat dari ketinggian

Danau Hijau Ulu Belu

Danau Hijau Ulu Belu

@travelerien di air terjun Lembah Pelangi

@travelerien di air terjun Lembah Pelangi

Air Tejun Lembah Pelangi Ulu Belu

Air Tejun Lembah Pelangi Ulu Belu

4. AIR TERJUN PUTRI MALU

Terletak di dekat dusun Juku Batu, kecamatan Banjit, Way Kanan. Di dekatnya juga ada air terjun bernama Batu Duduk yang sama tinggi. Menuju kemari kita harus gunakan jasa ojek trail kalau tidak mau capek dengan waktu tempuh 40 menit dari Banjit.. Kalau jalan kaki lumayan jauh.

Air terjun Batu Duduk di dekat air terjun Putri Malu

Air terjun Batu Duduk di dekat air terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu Banjit

Air Terjun Putri Malu Banjit

5. BAWANG BAKUNG GEREDAI

Di Lampung Barat yang kaya akan pemandangan indah, ada Bukit Geredai. Dari puncak bukit tersebut kita bisa memandang scene kabut di sekitar kota Liwa dengan latar belakang gunung Pesagi. Kita harus pagi-pagi sekali tiba di sini untuk melihat matahari terbit dan kabut yang perlahan naik.

Kabut yang menyelimuti sekitaran kota Liwa

Kabut yang menyelimuti sekitaran kota Liwa

View Puncak Geredai

View Puncak Geredai

6. TALANG AIR PRINGSEWU

Tak kalah ngehits dengan yang lain, di Pringsewu ada Talang Air buatan Belanda yang masih berfungsi sampai sekarang. Selain mengaliri air, talang ini juga berfungsi sebagai jembatan penghubung antarkampung. Ada 5 Talang air di Pringsewu. Salah satunya yang beberapa kali kami datangi ini di Fajaresuk.

Talang Air Fajaresuk, Pringsewu

Talang Air Fajaresuk, Pringsewu

Talang Air Fajaresuk, Pringsewu

Talang Air Fajaresuk, Pringsewu

7. TAMAN BATU GRANIT TANJUNG BINTANG

Taman batu granit berukuran besar ini terletak di Perkebunan Karet PTPN VII, Purwodadi Dalam, kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Sekitar 30 km dari pusat kota Bandar Lampung denganwaktu tempuh 1,5 jam. Rute: Jl. P. Antasari – Jl. Tirtayasa – Jl. Sutami – Pasar Pal Putih Tanjung Bintang – (belok kanan) menuju desa Purwodadi Dalam.

Batu Granit Tanjung Bintang

Batu Granit Tanjung Bintang

Batu Granit Tanjung Bintang

Batu Granit Tanjung Bintang

Demikian 7 destinasi wisata Lampung ala anak muda di tahun 2015. Saya yakin daftar ini belum mewakili semua, karena masih banyak tempat lain yang belum kami datangi. Semoga bermanfaat.

Apa destinasi wisata kesukaanmu?

(Foto-foto oleh: @yopiefranz / yopiefranz.com )

23 thoughts on “7 Destinasi Wisata Anak Muda Lampung Tahun 2015

  1. Ternyata Lampung punya banyak tempat menawan. Dan aku baru melihat dua tempat saja. Itu saja sudah bikin nggak pingin balik. Apalagi kalo 7 dan di luar 7, bisa-bisa minta tinggal di Lampung selamanya #halah :p

  2. Ih keren semua..Tapi buat anak muda yah..Tapi lagi bisa dicapai pakai motor kan kak?
    Pertama komen akuh kayaknya..Karena muncul di feed WP🙂

  3. Aaah kereeen-kereeeen ajaaa tempatnyaaa.. Nanti kalau sudah di tanah air kudu pulang kampuuung dulu dan menjelajahi tempat cantik ini.. Jadi ngg sabaaar deeh🙂.. Ntar jalan ama om Yopieee ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s